Sabtu, 05 Juni 2010

Siapa Tokoh Pejuang Dari Bekasi

Inilah tokoh pejuang dari Bekasi Jawa barat. Sosok ini mungkin tidak banyak yang kenal bahkan masyarakat kabupaten bekasi sendiri. Padahal sosok ini adalah sosok paling berjasa atas keberadaan kabupaten bekasi.

Beliaulah Pahlawan Nasional dan Bintang Mahaputera Adipradana.

Pada tanggal 3 November 2006, atas nama Presiden RI (Kepres RI No. 085/TK/Tahun 2006)menganugerahkan gelar `Pahlawan Nasional` dan `Bintang Mahaputera Adipradana` kepada Alm. Kiai Haji Noer Alie tokoh pejuang dari Bekasi Jawa Barat, atas jasa-jasanya.

Pada tahun 1937 bersama Hasan Basri membentuk organisasi Persatuan Pelajar Betawi dimana KH. Noer Alie sebagai ketuanya.

Tahun 1945 KH. Noer Alie membentuk Laskar Rakyat bekerja sama dengan TKR Bekasi dan Jatinegara untuk memobilisasi pemuda dan santri ikut latihan kemiliteran di Teluk Pucung-Bekasi.

Setelah Agresi Militer I Belanda, KH. Noer Alie mendirikan organisasi gerilya baru dengan nama Markas Pusat Hizbullah Sabulillah (MPHS) di Tanjung Karekok Cikampek.

Pada tahun 1955, Masyumi Bekasi memperoleh suara terbanyak dalam Pemilu dimana beliau sebagai Ketua Cabang Masyumi Bekasi oleh Masyumi Pusat sebagai salah seorang anggota Dewan Konstituante pada bulan Desember 1956.
(Sumber:bekasikab.go.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar