Selasa, 21 Desember 2010

Berapa Jumlah Desa Di Indonesia?

Anda mungkin penasaran ada berapa jumlah desa di Indonesia?
Desa merupakan pemerintahan terkecil dari sebuah negara. Setara dengan desa adalah kelurahan. Desa dipimpin oleh kepala desa dan kelurahan dimpin oleh lurah.

Indonesia sebagimana data yang diungkapkan situs web Departemen Dalam negeri Republik Indonesia terdiri dari :
Kabupaten = 349 ;
Kota = 91,
Kecamatan = 5.263,
Kelurahan = 7.113,
Desa = 62.806

Naiknya jabatan kepimpinan antara desa dan kelurahan memiliki perbedaan. Kepala desa dipilih melalui pilkades (pemilihan kepala desa) dan lurah ditentukan langsung oleh pemerintah daerah setempat. Jadi pada pemilihan lurah tidak ada proses pemilihan melainkan penentuan langsung.

Kelurahan dibentuk di wilayah kecamatan dengan Perda Kabupaten/Kota yang berpedoman pada Peraturan Pemerintah. Kelurahan dipimpin oleh seorang lurah yang dalam pelaksanaan tugasnya memperoleh pelimpahan dari Bupati/Walikota. Lurah diangkat oleh Bupati/Walikota atas usul Camat dari pegawai negeri sipil yang menguasai pengetahuan teknis pemerintahan dan memenuhi persyaratan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Kelurahan sebagaimana dijelaskan di wikipedia Dalam konteks otonomi daerah di Indonesia, Kelurahan merupakan wilayah kerja Lurah sebagai Perangkat Daerah Kabupaten atau kota.

Berbeda dengan desa, kelurahan tidak memiliki hak mengatur wilayahnya lebih terbatas. Dalam perkembangannya, sebuah desa dapat ditingkatkan statusnya menjadi kelurahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar