Sabtu, 08 Maret 2014

Data Riset Independen Pemilu Legislatif Kabupaten Bekasi

Kebutuhan awal yang sangat penting untuk proses pemenangan bagi caleg adalah peta suara. Maka langkah pertama adalah memiliki peta suara. Suara diri sendiri dan suara lawan politik.

Bagaimana mungkin bisa menang jika tidak tahu medan perang; jika tidak tahu siapa musuh dan sejauh mana kekuatan dan kelemahan mereka; jika tidak tahu siapa yang harus di tembak dan bagaimana cara mendembaknya. Kalau mau mati konyol mungki bisa saja.

Pertarungan pemilu legislatif adalah pertarungan pribadi dimana semua caleg bahkan dalam satu partai dipaksa untuk bertarung. Bertarung menjadi caleg dengan suara terbanyak di partainya.

Ini pertempuran pribadi maka persiapan yang dirahasiakan, terukur dan akurat sangat penting. Dirahasiakan agar tidak terdeteksi radar. Terukur dan akurat agar mudah memonitoring kemajuan langkah pemenangan.

Akan menyulitkan langkah pemenangan apabila seorang caleg tidak memiliki peta suara. Peta suara harus lah terukur dan akurat. Disini bukan berbicara persepsi, opini, atau perpiraan. Yang berbicara adalah fakta lapangan yang dihasilkan hasil survei. Hasil survei ini kemudian di olah menjadi data riset. Data riset inilah yang dapat menunjukka peta suara yang terukur dan akurat.

Data riset ini dapat menunjukkan siapa yang paling poluper. Ini berguna untuk mengukur seberapa besar tingkat ke-terkenal-an seorang caleg di masyarakat dapilnya. Juga kemudian perlu di ukur pula tingkat elektabilitas caleg tersebut.

Salah satu pihak yang menyediakan data riset di kabupaten Bekasi ini adalah Jaringan Survei Monitoring Independen.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar