Selasa, 05 Desember 2017

Wow!!!INilah Gaji Anggota Dewan Kab Bekasi yang Menggiurkan

Tahun 2017 ini anggota DPRD Kabupaten Bekasi seperti orang yang akan pesta pora. Statement ini muncul karena adanya peningkatan belanja untuk realisasi makanan dan minuman sebesar Rp29.272.400.

Dan, wajar jika publik ada yang menilai, peningkatan belanja makanan dan minuman ini hanya berkesan menghambur-hamburkan uang pajak rakyat Bekasi. Bahkan, bisa saja timbul pikiran, ini benar-benar hanya bikin kenyang anggota dewan, bukan rakyatnya sebagai kontituen mereka.

Karena seharusnya, yang diprioritaskan dalam APBD itu bukan memberi makanan atau minuman bagi anggota dewan. Melainkan, sebagai anggota dewan atau perwakilan rakyat, yang diurus itu konstituen atau rakyat mereka dulu. Tapi, dari kenaikan anggaran makan minum ini, yang nampak adalah, anggota dewan Kabupaten Bekasi yang "diurus" bukan perut rakyat, tapi perut anggota dewan sendiri. Bisa-bisa publik menilai, seperti kacang lupa pada kulitnya, atau anggota dewan lupa pada rakyat yang memilih mereka.

Kemudian, perlu diketahui, bahwa proyek "bikin kenyang" alias belanja makanan dan minuman harian anggota DPRD Kabupaten Bekasi ini pada tahun 2017 menguras anggaran APBD hingga Rp256.420.000. Sedangkan proyek bikin kenyang anggota dewan pada tahun 2016 menelan anggaran negara sebesar Rp227.147.600.

Jadi, dari tahun 2016 ke 2017, kenaikan proyek bikin kenyang anggota dewan Kabupaten Bekasi sebesar Rp29.272.400.

Selain itu, yang paling janggal dan lucu adalah, proyek bikin kenyang untuk belanja makanan dan minuman harian anggota dewan pada tahun 2016 yang disediakan oleh sekretariat DPRD Kabupaten Bekasi, sampai sebesar Rp788.675.000. Beruntung, uang pajak rakyat ini, dari alokasi anggaran sebesar Rp 788,6 juta, yang habis untuk dihamburkan di meja makan hanya sebesar Rp 227,1 juta.

Dalam tempo dua tahun saja sudah menghabiskan anggaran sebesar Rp 483,5 juta, hanya untuk makanan dan minuman harian Anggota DPRD. Ini baru di satu proyek saja APBD Kabupaten Bekasi dibebanin oleh ulah anggota dewan. Belum lagi proyek-proyek lain, seperti jalan-jalan ke luar kota yang dikemas dalam program perjalanan dinas, juga hanya bikin APBD terkuras habis.

Sedangkan buat rakyat Kabupaten Bekasi, hanya disisakan jalan-jalan rusak, berlubang, atau jalan yang masih beraspal beton dan hanya bikin kendaraan rusak.

(Sumber : klikanggaran.com/anggaran/anggaran-untuk-meja-makan-anggota-dprd-bekasi-meningkat-rakyatnya-gimana.html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar