Jumat, 04 Juni 2010

Kabupaten Bekasi Masa Pemberontakan PKI

Anda mungkin pernah menyaksikan suatu peristiwa mengerikan pada saat G 30 s/PKI. Kami hanya melihat di televisi. Film ini selalu diputar dan pasti diputar setiap tangal 30 September. Makanya kami hafal terus. Entah untuk alasan Apa di jaman Presiden Suharto, film ini diputar terus. Setelah ganti presiden film ini raib entah kemana dan tidak pernah terdengar lagi rimbanya.

Menurut sepengetahuan saya, Amerika membombardir warga negaranya berupa tayangan-tayangan tertentu dengan tujuan untuk propaganda sehingga kekuasaan tetap langgeng. Tetapi saya tidak tahu apa tujuan diputarnya terus-menerus film ini, setahun sekali, pada jaman pak harto.

Periode ini (Masa Pemberontakan PKI) menurut bekasikab.go.id, ditandai dengan terjadinya upaya dominasi komunis diberbagai daerah dengan tokoh utama PKI Bekasi, Abbas Djunaedi dan Peristiwa G 30 S / PKI, serta upaya pemberantasan PKI oleh rakyat dan pemuda Bekasi serta pihak keamanan yang bersatu padu menjaga keutuhan bangsa dari rongrongan komunisme, diantaranya dibentuknya Komando Aksi Tumpas (tokoh utamanya adalah Ki Agus Abdurachman (Pemuda Pancasila), Dadang Hasbullah (Pemuda Muhammadiyah), Abdurachman Mufti, Ateng Siroj, Muhtadi Muchtar (PH) dan Damanhuri Husein (Gerakan Pelajar Pancasila) serta tokoh-tokoh lain dari unsur Gerakan Pemuda Anshor, IPNU, IPPNU, IPM dan lain-lain), serta Kesatuan Aksi Pemuda dan Pelajar Indonesia (KAPPI) Bekasi yang diketuai oleh Ateng Siroj dan Damanhuri Husein sebagai sekretaris.

1 komentar:

  1. Revisi dikit ya. Abdurachman Mufti, Ateng Siroj, Muhtadi Muchtar itu bukan dari PH, melainkan dari PII yaitu Pelajar Islam Indonesia.

    BalasHapus