Rabu, 15 Agustus 2012

Strategi Penggalangan Massa Untuk Mendulang Suara

Penggalangan Massa dengan Network marketing dan sosial Media.
STRATEGI ALTERNATIF PEMENANGAN PEMILU, PILKADA, PILPRES 2014


DENGAN MENGGUNAKAN SOSIAL MEDIA DAN NETWORK MARKETING
YANG BERBASIS EKONOMI KERAKYATAN SEBAGAI JALUR DISTRIBUSI DAN KADERISASI

PENDAHULUAN
STRATEGI UMUM

Acara kampanye penyampaian visi misi indoor/outdoor Pembagian merchandise, penyebaran pamflet, flyer, spanduk, baligo, bendera, atribut ke tiap ranting untuk disebar ke masyarakat.
Publikasi iklan ke setiap media televisi dengan biaya besar  Bahkan membagikan sembako secara Cuma-cuma
LATAR BELAKANG
”Jumlah pengguna seluler sebesar 180 juta nomor dicapai setelah 15 tahun layanan GSM beroperasi di tanah air,“ ucap Ketua Asosiasi Telekomunikasi Selular Indonesia (ATSI) sumber antaranews.com  Dari 180 juta pelanggan seluler itu sebanyak 95 persen adalah pelanggan prabayar.
Menurut BPS Jumlah penduduk miskin (penduduk yang berada di bawah Garis Kemiskinan di Indonesia) pada Bulan Maret 2009 sebesar 32,53 juta (14,15 persen) sumber bps.go.id
IDENTIFIKASI MASALAH
Tidak ada ikatan emosi yang kuat antara rakyat dengan pimpinan Rakyat sudah pandai dalam memanfaatkan moment kampanye untuk meraup untung di setiap kampanye parpol yang memberikan merchandise secara Cuma-Cuma,tetapi hak suara mereka tidak berpihak kepada partai yang bersangkutan
Informasi berita, visi misi, pengumuman atau himbauan dari pusat yang ditujukan untuk masyarakat terkadang tidak sampai pada tujuan.
TUJUAN
Menyampaikan Visi dan Misi partai secara efisien dan produktif Membangun massa militan yang loyal sesuai yang diharapkan.
Menguatkan ikatan erat antara partai dengan masyarakat Mempermudah akses informasi dari atas dan bawah.
Proses kaderisasi yang cepat dan berkesinambungan.

SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI PARTAI TERINTEGRASI
LATAR BELAKANG
  • Manage Kepengurusan Partai terdiri dari DPP,DPD,DPC, dan DPRa
  • Membangun Ekonomi Kerakyatan
  • Menciptakan Lapangan Kerja (Entrepreuneur)
  • Mengedukasi VISI MISI Partai
TUJUAN
  • Administrasi yg lengkap dan terintegrasi dalam Partai
  • Memberikan layanan informasi yang lengkap, cepat, dan tepat
  • Lebih mendekatkan Partai dengan para anggota Partai dengan komunikasi yang interaktif
  • Lebih mengenalkan Partai kepada masyarakat
  • Loyalitas Kader
  • Informasi Berita dua arah
  • Akses Informasi Partai Cepat
  • System Kaderisasi dan Pembinaan.
SISTEM INFORMASI PARTAI YANG TERINTEGRASI
Subsistem informasi:
  • Sistem Administrasi Partai
  • Sistem Informasi Bagi Anggota Partai & Simpatisan
  • Sistem Informasi Bagi Masyarakat Umum
Akses Sistem Informasi:
  • diakses via internet
  • diakses via SMS
Akses via Internet
  • Semua fasilitas administrasi Partai dapat diakses via internet oleh semua pengurus & staff sekretariat Partai di setiap tingkat kepengurusan
  • Setiap pengurus & staff sekretariat mempunyai user dan password sendiri-sendiri dengan hak akses (privileges) masing-masing sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab dalam tingkat kepengurusan yg bersangkutan
Akses via SMS
  • Administrasi dan informasi Partai dapat dilakukan melalui jalur SMS
  • Pengurus dan anggota Partai dapat mengirimkan SMS ke no HP biasa dengan format tertentu dan sistem akan memberikan response sesuai dengan informasi yang diminta
  • Fasilitas Broadcast SMS, Setiap pengurus & staff sekretariat mempunyai user dan password sendiri-sendiri dengan hak akses (privileges) masing-masing sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab dalam tingkat kepengurusan yg bersangkutan
Teknologi SMS : Broadcast, Polling, Survey, Jejak Pendapat, Curhat Kader

Penggunaan sistem sms broadcast melalui server yang terintegrasi secara nasional dan bisa dikendalikan hanya di satu tempat. Sms report transaksi berisi visi misi langsung terkirim ke seluruh pengguna hp yang melakukan transaksi pulsa isi ulang, baik kader partai, non-kader, maupun kader partai lain.
Ilustrasi
Rata-rata per orang mengisi pulsa per bulan 4 x Pengguna handphone di indonesia yang menggunakan prabayar sebanyak 171 juta (95% dari total 180juta pengguna) 171 juta x 4 = 684 juta
Maka dalam 1 bulan akan ada penyampaian sms visi misi sebanyak 684 juta kali dan itu cukup dilakukan dari satu unit komputer/laptop yang terhubung ke server.

Teknologi Web dan Internet
KONSEP NETWORK MARKETING & MEMBER GET MEMBER
Penggunaan konsep bisnis network marketing dalam rangka membangun ikatan emosi yang kuat antara masyarakat  dengan partai sehingga dapat tercipta massa yang loyal dan militan kepada pemimpin partai.
FALSAFAH
“Dalam bisnis ini, orang akan sukses, apabila dia bisa memantu orang lain sukses.”
Caranya menciptakan sebuah unit usaha network marketing baru yang menggunakan teknologi website dengan produk awal  pulsa.
TUJUAN
PAC dan Ranting bisa memiliki penghasilan sendiri tanpa harus membebani DPD ataupun DPP.
Menciptakan lapangan pekerjaan secara nyata bagi seluruh rakyat Indonesia terutama rakyat golongan menengah kebawah.
Agar massa, terutama golongan menengah ke bawah merasa berhutang budi kepada partai karena diberikan usaha sehingga taraf hidupnya bisa meningkat.
TEKNIS PELAKSANAAN
1. PAC dan ranting masing-masing mengajak min. 2 orang rakyat miskin (disertai surat keterangan miskin) untuk bergabung dalam usaha ini dengan tugas masing-masing  orang untuk mengajak min. 2 orang lagi dan seterusnya, sehingga terjadi pohon jaringan binari dengan efek bola salju / eksponensial.
2.Terdapat fasilitas khusus bagi rakyat miskin, yaitu berupa pinjaman dana Rp 250.000/orang*(sbg contoh) untuk bergabung dalam usaha ini. Pinjaman tersebut akan dibayar kembali oleh orang yang bersangkutan dengan cara pemotongan bonus  tiap minggu.

TARGET DAN STRATEGI
Strategi marketing
1. Dibentuk tim penggerak
2. Dibentuk tim presenter dan motivator
3. Mengadakan seminar-seminar tentang usaha ini disetiap ranting di seluruh wilayah Indonesia secara bersamaan.
4. Internet Marketing, Social Network/ jejaring Sosial
5. Promosi di Media Online *Optional

Target pasar
1. Pengurus anak cabang  (PAC)
2. Pengurus Ranting
3. Rakyat miskin (dibuktikan dengan surat pernyataan tidak mampu dari desa setempat)
4. Masyarakat umum baik kader maupun non kader partai

TARGET AKHIR
  • Tercapai ratusan juta orang yang bergabung dalam usaha ini di awal tahun 2014.
  • Aplikasi dan Sosialisasi Ekonomi Kerakyatan
  • Membangun Kader dan Simpatisan Loyal secara berkesinambungan
  • Membangun jaringan distribusi ekonomi dengan memanfaatkan Network Marketing

 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar