Jumat, 26 Juni 2020

Anggota PBB dari Indonesia, Serma Rama Wahyudi, Gugur di Kongo

Seorang anggota Pasukan Perdamaian PBB dari Indonesia tewas dibunuh milisi Kongo dan seorang anggota lainnya terluka pada Senin kemarin.

Sumber Gambar : medan.tribunnews.com
Keduanya diserang milisi saat mereka patroli di sekitar 20 kilometer dari kota Beni di provinsi Kivu Utara, Kongo.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan duka atas tewasnya Serma Rama Wahyudi dalam menjalankan tugasnya menjaga perdamaian di Kongo.

“Penghargaan setinggi-tingginya kepada Alm. Serma Rama Wahyudi atas pengabdiannya dalam menjaga perdamaina dunia. Semoga keluarga yang ditinggalkan selalu diberi ketabahan," kata Menlu Retno melalui Twitter.


Menurut Menlu Retno, Dewan Keamana PBB telah mengutuk keras serangan kepada pasukan penjaga perdamaian PBB di Kongo atau MONUSCO dan meminta otoritas Kongo untuk melakukan investigasi dan membawa pelakunya ke meja pengadilan.

Kepala MONUSCO Leila Zerrougui mengutuk serangan itu, yang katanya dilakukan oleh ADF yakni pasukan Sekutu Demokrat, sebuah kelompok bersenjata terkenal di timur negara tersebut.

Menurut catatan PBB, kelompok tersebut telah menewaskan lebih dari 500 orang sejak akhir Oktober lalu, Ketika tentara Kongo melancarkan serangan terhadap milisi ini.

Kantor berita Antara melaporkan, Serma Rama Wahyudi meninggalkan seorang istri dan tiga anak masih kecil di desa kelahirannya di Kabupaten Kampar, Riau.

Sebelum menghembuskan napas terakhir, Serma Rama sempat melepas rindu dengan istri dan ketiga anaknya melalui video call.

"Terakhir kontak kakak saya almarhum itu hari Minggu jam 9 malam. Mereka melakukan video call. Kemudian almarhum mengatakan nanti akan menghubungi kembali karena harus mengambil air karena saat ini krisis air di Kongo," kata Arfan Nur Fahri, adik ipar almarhum di Kampar, Rabu, 24 Juni 2020.

Serma Rama Wahyudi mendapat tugas sebagai anggota Pasukan Perdamaian PBB beberapa bulan sebelum Idul Fitri dan ini merupakan tugas perta
ma dia ke luar negeri.
(Sumber : dunia.tempo.co)

Link :
https://dunia.tempo.co/read/1357340/serma-rama-wahyudi-anggota-pasukan-perdamaian-pbb-gugur-di-kongo/full&view=ok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar