Jumat, 04 Juni 2010

Kabupaten Bekasi Masa Perjuangan Kemerdekaan

Kemererdekaan Adalah hak segala bangsa. Inilah secuil bunyi pembukaan UUD 45. Lantai bagaimana Kabupaten Bekasi pada masa perjuangan kemerdekaan.

Kedatangan tentara Inggris yang diboncengi NICA (Belanda)sebagaimana yang diuraikan bekasikab.go.id, memacu pejuang pergerakan di Indonesia, khususnya Bekasi untuk memperkuat pertahanan di wilayah sekitar Jakarta.

Akibatnya terjadi peristiwa sejarah perjuangan rakyat Bekasi, sebagai berikut :
  1. Rapat Raksasa Ikada;
  2. Insiden Kali Bekasi;
  3. TKR di Bekasi;
  4. Bekasi Lautan Api;
  5. Penggabungan Badan Perjuangan dan Kelaskaran di Bekasi;
  6. Pertempuran di Tambun, Cibitung, Setu dan Kampung Sawah;
  7. Peristiwa Tambun;
  8. Gerakan Plebisit Indonesia baik pada masa agresi militer I dan II dan banyak lagi peristiwa-peristiwa heroik lainnya.


Peristiwa Perjuangan Kemerdekaan di Bekasi tersebut merupakan gambaran betapa tingginya patriotisme rakyat Bekasi dalam membela tanah air.

Oleh sebab itu. Bekasi kemudian mendapat gelar terhormat sebagai "Bumi Patriot" karena kenyataan sejarah membuktikan bahwa Bekasi merupakan daerah front pertahanan Republik Indonesia yang menjadi saksi kepatriotan para kesuma bangsa dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Dilihat dari sisi pemerintahan, Bekasi pada masa kemerdekaan ini masih merupakan sebuah kewedanaan di dalam wilayah Kabupaten Jatinegara (1945-1950).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar