Minggu, 30 Januari 2011

Muslim Terpilih Jadi Walikota Tower Hamlets

Ditendang dari Partai Buruh, malah melenggang mulus sebagai calon independen

Hidayatullah.com–Seorang mantan pemimpin di Dewan Tower Hamlets, Inggris, yang didepak dari Partai Buruh lalu menjadi politisi independen, terpilih menjadi walikota baru wilayah tersebut. Lutfur Rahman unggul dengan 51,76% suara dan menjadi walikota pertama untuk wilayah London timur yang dipilih secara langsung.

Awalnya Rahman adalah seorang calon dari Partai Buruh, tapi kemudian didepak oleh partai tersebut. Dia lalu mengajukan diri secara independen dengan dukungan dari sebagian anggota Partai Buruh.

Pemilihan walikota hari Kamis (21/10) lalu itu dilakukan secara langsung untuk pertama kalinya di Tower Hamlets.

Sebagaimana dilansir BBC, calon walikota London dari Partai Buruh Ken Livingstone sampai berani mendukung Rahman sehingga terancam kena sanksi internal partai, karena partai itu memiliki calon resmi lain yaitu Helal Abbas. Hari Senin, dia terlihat ikut kampanye Rahman di jalanan Tower Hamlets.

Menurut Livingstone, Partai Buruh tidak memperhatikan aspirasi penduduk setempat, karena menggusur Rahman dari cawali partai mereka. Namun pada saat yang sama dia menyatakan mendukung calon resmi dari Partai Buruh, katanya dia hanya ingin menjauhkan pemilih dari kelompok konservatif.

Sementara itu Abbas menyatakan bahwa meskipun mereka kalah, tapi paling tidak tangan partai masih bersih karena telah menyingkirkan Rahman keluar.

Berikut jumlah suara yang didapat masing-masing kandidat. Helal Uddin Abbas, Partai Buruh 11.254 suara. Alan Duffell, Partai Hijau 2.300 suara. John David Macleod Griffiths, Liberal Demokrat 2.800 suara. Neil Anthony King, Partai Konservatif 5.348 suara. Lutfur Rahman calon independen 23.283 suara.
(fpks-kabbekasi.info)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar