Jumat, 24 Juli 2020

AKHIRNYA TIBA JUGA !Sholat Jumat Pertama Kali Setelah Hampir Seabad Tak Dilaksanakan, Hagia Sophia Jumatan Pertama 2020

Dunia sempat geger dibuatnya. Pro dan kontra terjadi menanggapi peristiwa bersejarah ini yang hampir seabad tidak lagi dilaksanakan.

Peristiwa ini bagi umat islam adalah spirit, penggelora semangat atas harapan semakin dekatnya kembalinya kejayaan islam. Umat islam tentu seharunys menyambut gembira dan suka cita.

Sumber Gambar : turkinesia.net


Hampir 20.000 anggota pasukan keamanan disiagakan di kawasan seputar #HagiaSophia , untuk memastikan salat Jumat pertama berlangsung tanpa insiden. Inilah sepenggal kabar yang di nukil dari twitter DW Indonesia @dw_indonesia.

Dilansir dari, bbc.com, Museum Hagia Sophia kini statusnya dikembalikkan lagi menjadi fungsi semua yaitu masjid. Dan pertama kali dalam sejarah peristiwa ini dicatat bahwa Hagia Sophia digunakan shalat Jumat pertama kali setelah 86 tahun.

Jemaah mengikuti salat Jumat pertama (24/07) yang diselenggarakan di Hagia Sophia, gedung berusia 1.500 tahun.

Sekitar 1.000 orang dizinkan untuk masuk ke Hagia Sophia melalui pemeriksaan keamanan, sementara yang lainnya melakukan salat di luar, salat Jumat pertama (24/07) dalam 86 tahun.

"Muslim sangat senang, semua orang ingin hadir di pembukaan (salat Jumat pertama)," kata Gubernur Istanbul Ali Yerlikaya Kamis (23/07).

Pada 1934, di bawah kepemimpinan Presiden Mustafa Kemal Ataturk, pendiri Turki modern, setelah jatuhnya Ottoman, masjid itu dijadikan museum.

Lukisan dan ornamen Kristiani akan ditutup tirai dengan menggunakan mekanisme khusus selama waktu salat tetapi tetap akan dipajang.

Gedung ini dibangun pada abad keenam sebagai katedral namun dijadikan masjid pada 1453 ketika Ottoman, biasa disebut juga dengan Kekhalifahan Utsmaniyah, di bawah Mehmed II atau Sultan Muhammad al-Fatih menaklukkan Konstantinopel yang kemudian berganti nama menjadi Istanbul.

Kubah dan menara Hagia Sophia menandai langit Istanbul selama satu abad terakhir.

"Hagia Sophia adalah simbol dan kami, seperti Muslim lain, ingin dibuka sebagai masjid...Saat Sultan Mehmed, sang penakluk datang ke Istanbul, ia membeli Hagia Sophia dengan uangnya sendiri sebagai simbol penaklukkan dan ingin dijadikan masjid."

Kelompok yang dipimpin Genc adalah gerakan yang dibentuk oleh perdana menteri pertama Islamis Turki, Necmettin Erbakan, yang partainya, Partai AK, memimpin Turki di bawah kepemimpinan Erdogan selama 17 tahun.

Selama kepemimpinannya Erdogan membentuk ulang Turki modern yang didirikan tokoh sekuler negara itu, Mustafa Kemal Ataturk, dengan mencabut larangan memakai jilbab di depan umum, meningkatkan pendidikan keagamaan.

Di tengah kekacauan dan pemberontakan di Timur Tengah pada 2011, Erdogan juga berupaya mengangkat posisi Turki sebagai kekuatan regional dan memimpin kelompok Muslim Sunni.

Menetapkan Hagia Sophia sebagai masjid, adalah petanda ke arah "mencapai pembebasan" masjid Al-Aqsa di Yerusalem, kata Erdogan bulan ini.

Erdogan mendorong langkah mengubah Hagia Sophia menjadi masjid sebelum pemilihan daerah tahun lalu, langkah yang menyebabkan pukulan bagi Partai AK.

Para pejabat mengatakan langkah itu memenuhi keinginan mendalam masyakat di negara itu.

"Keputusan menjadikan Hagia Sophia sebagai masjid adalah tuntutan lama mayoritas rakyat Turki," kata juru bicara presiden Ibrahim Kalin.

Ia mengatakan di bawah kepemimpinan Erdogan, masjid dan sinagog untuk masyarakat minoritas Kristen dan Yahudi Turki juga dibangun atau direnovasi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar